Profil

Foto saya
Malang, Jawa timur, Indonesia
umur saya 21 tahun saya masih menempuh kuliah di UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG (UNIKAMA) saya jurusan PGSD kelas : A angkatan : 2010 NIM : 100401140026

MODUL "C"

C. PENGAMALAN NILAI-NILAI SUMPAH PEMUDA

        Sumpah Pemuda merupakan peristiwa bersejarah yang berperan penting dalam mencapai kemerdekaan Republik Indonesia. Pada waktu itu, organisasi pemuda berasal dari daerah yang berbeda. Setiap organisasi pemuda memiliki perbedaaan bahasa, agama, suku bangsa, adat istiadat, dan budaya. Namun, mereka memiliki tujuan yang sama, yaitu menjadikan Indonesia negara yang merdeka dan bebas dari segala bentuk penjajahan.
Bagaimana mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari? Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda. Misalnya, kamu bangga menjadi anak Indonesia. Contoh pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya sebagai berikut.
1. Giat Belajar untuk Meraih Cita-cita
Sejak kecil, kamu harus giat dan tekun belajar. Setelah dewasa, kamu akan meraih cita-citamu sehingga dapat mencapai kesuksesan dalam hidup. Kehidupan apapun yang kamu jalani harus dilakukan dengan sebaik mungkin.
Tidak hanya kesuksesan hidup yang dapat diraih, seperti pekerjaan yang baik. Namun, kebanggaan dari diri sendiri dan orangtua. Dengan demikian, kamu telah ikut serta membangun bangsa dan negara. Selain itu, kamu juga dapat menjadi penerus bangsa yang mampu meng hargai perjuangan pahlawan.
2.     Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah

         Sebagai seorang siswa, kamu harus pandai bergaul agar memiliki banyak teman. Dengan bergaul, banyak ilmu dan pengetahuan yang akan didapatkan. Aktif mengikuti organisasi ekstrakurikuler sekolah merupakan salah satu bentuk perwujudan semangat Sumpah Pemuda.
Misalnya, pada organisasi Pramuka (Praja Muda Karana), Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera), OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah), PKS (Patroli Keamanan Sekolah), dan dokter kecil.
3.     Menghargai Keragaman Suku, Adat, Budaya, dan Agama
Setiap anak Indonesia harus dibekali dengan ilmu dan pengetahuan yang cukup. Dengan demikian, dapat tumbuh menjadi warga negara yang cerdas dan kreatif.
Anak yang cerdas dan kreatif mampu menghargai keragaman budaya, suku bangsa, dan tidak menonjolkan sikap kedaerahan. Selain itu, ia selalu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam berkomu nikasi dengan orang lain. Persatuan dan kesatuan dapat tercapai jika setiap orang mampu menghargai keragaman suku bangsa, adat, budaya, dan agama.
Latihan Mandiri
Berikut merupakan hal-hal yang dapat meningkatkan kerukunan di lingkungan masyarakat dan lingkungan sekolah. Berilah tanda ceklis (V)  pada kolom sering (S) atau tidak pernah (TP) sesuai dengan pendapatmu. Kerjakan dalam buku tugasmu. Laporkan hasilnya kepada gurumu.
No
Pernyataan
S
TP
1
Kerja bakti di lingkungan masyarakat.


2
Membantu korban bencana alam.


3
Melakukan ronda malam untuk menjaga keamanan lingkungan.


4
Mengirim makanan kepada tetangga.


5
Melakukan musyawarah mufakat.


6
Bermain dengan teman yang berbeda agama.


7
Mau memberikan sebagian makanan kepada teman.


8
Memberikan kesempatan beribadah kepada teman yang berlainan agama.


9
Menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam pergaulan seharihari.


10
Bermain dengan teman-teman yang berasal dari suku bangsa yang berbeda.




Ringkasan Bab 1
  • Nusantara berasal dari kata "nusa" dan "antara." "Nusa" berarti pulau atau kepulauan, sedangkan "antara" artinya di antara. Nusantara diartikan sebagai satu kesatuan wilayah kepulauan di antara pulau-pulau.
  • Pada 28 Oktober oleh bangsa Indonesia diperingati sebagaihari Sumpah Pemuda.
  • Sumpah Pemuda merupakan pencerminan tekad dan ikrar para pemuda.
  • Sumpah Pemuda berisi tiga landasan persatuan Indonesia antaranya persatuan tanah air, bangsa, dan bahasa.
  • Dengan Sumpa Pemuda, perjuangan rakyat Indonesia tidak bersifat kedaerahan
  • Lagu Indonesia Raya diciptakan oleh Wage Rudolf Supratman yang dikumandangkan kali pertama pada Kongres Pemuda II.
Mengukur Kemampuan

Pilih pernyataan yang sesuai dengan pendapatmu.

No
Contoh Perbuatan
Baik
Buruk
1
Rajin belajar untuk meraih cita-cita.


2
Tidak mau bermain dengan teman yang berbeda
suku bangsa.


3
Mengikuti upacara bendera dengan khidmat.


4
Berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.


5
Tidak menyukai makanan asli Indonesia.



 
Evaluasi Bab 1
Kerjakan pada buku tugasmu.
A.   Pilih jawaban yang tepat.
1.    Makna satu nusa dalam Sumpah Pemuda adalah ....
a.    satu tanah air
b.    satu bahasa
c.    satu suku
2.    Bahasa persatuan yang digunakan bangsa Indonesia adalah ....
a.    bahasa Melayu
b.    bahasa Cina
c.    bahasa Indonesia
3.    Sumpah Pemuda kali pertama diikrarkan pada ....
a.    17 Agustus 1945
b.    26 Oktober 1928
c.    28 Oktober 1928
4.    Berikut merupakan salah satu bentuk rasa bangga menjadi bangsa Indonesia, yaitu ....
a.    sering membolos sekolah
b.    memilih-milih dalam berteman
c.    rajin dan tekun belajar
5.    Jong Celebes adalah perkumpulan pemuda dari daerah ....
a.    Sulawesi 
b.    Sumatra 
c. Ambon
6.    Tokoh yang menciptakan lagu Indonesia Raya ialah ....
a.    C. Simanjuntak
b.    Ibu Sud
c.    W. R. Supratman
7.    Kongres Pemuda II dilaksanakan pada ....
a.    28 Oktober 1928
b.    10 Desember 1945
c.    10 November 1945
8.    Berikut termasuk kegiatan ekstra-  kurikuler yang ada di lingkungan sekolah adalah ....
a.    pramuka
b.    pemuda pancasila
c.    karang taruna
10.Makna Sumpah Pemuda harus dipahami oleh ....
a.    para pejuang pendahulu RI
b.    seluruh rakyat Indonesia
c.    warga negara asing
11.Berikut bukan bekal untuk kamu persiapkan agar cita-citamu tercapai adalah ....
a.    ilmu pengetahuan 
b.    budi pekerti
c. rumah mewah
 
B. Lengkapi kalimat berikut.
1. Sumpah ... adalah sumpah yang dilakukan oleh para pemuda pada 1928.
2. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa ... sebagai bahasa persatuan.
3. Meskipun pulau-pulau di negara Indonesia tersebar, namun semuanya dibingkai dalam negara ....
4. Bahasa Indonesia sebagai bahasa ... dalam sekolah dan pemerintahan.
5.Dahulu perjuangan para pemuda masih bersifat ... sehingga tidak berhasil mengusir penjajah.
C. Jawab pertanyaan berikut.
1. Kemukakan tujuan Kongres Pemuda I.
2. Tulislah empat organisasi pemuda daerah yang memperjuangkan kemerdekaan negara dan bangsa Indonesia.
3. Bagaimana perjuangan rakyat Indonesia setelah diikrarkan Sumpah Pemuda?
4. Tulislah manfaat Sumpah Pemuda bagi kalian sebagai siswa.
5. Bagaimana bentuk pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda yang dapat kamu lakukan?

Ayo, kerjakan
Carilah gambar tentang keragaman pakaian adat dan kesenian dari daerah tertentu. Tempelkan gambar tersebut pada buku tugasmu. Kumpulkan hasilnya kepada gurumu.

AREMA ONGIS NADE

AREMA ONGIS NADE
SALAM SATU JIWA